15
Dec
08

bangjo oh bangjo…

Lampu lalu intas a.k.a. traffic light alias bangjo (abang – ijo kalo orang Jawa bilang yg berarti merah – hijau ) adalah salah satu fasilitas (apa bisa disebut rambu ya?) dalam berkendara di jalan raya yang tujuan penggunaannya adalah untuk mengatur agar terjadi tertib berlalu lintas di jalan raya. Agar tidak terjadi kesemrawutan di jalan maka dipasanglah benda2 tersebut di persimpangan jalan. Tetapi apakah benar demikian, bahwa dengan adanya lampu lalin para pengguna jalan akan terhindar dari kesemrawutan di jalan raya?

Jika penggunaannya sudah sesuai sih, kayanya tdk ada masalah. Gw gatau juga apakah ada ketentuan khusus mengenai panjang ruas jalan yang diharuskan untuk dipasangi lampu merah, atau setiap perempatan wajib dipasang lampu merah? Kalo menurut pengamatan gw sih banyak banget pemasangan lampu merah di kota Bandung yang kurang efektif. Banyak perempatan dengan ruas jalan yang tidak terlalu panjang dipasangi lampu lalin shg mengakibatkan penumpukan kendaraan yang berujung pada kemacetan, salah satunya adalah lampu lalin di perempatan jl. sulanjana – jl.tamansari.

Beberapa saat yang lalu lampu lalin di perempatan jalan tersebut sempat mati, dan kendaraan dari arah kebun binatang dibelokkan ke arah cikapayang untuk kemudian memutar balik ke arah jl. tamansari. Dengan kondisi tersebut jalan yang tadinya macet menjadi lebih lancar, walopun ada beberapa kendaraan yang bandel tdk mau memutar melainkan langsung menerobos perempatan jalan (terutama angkot). Setelah mati beberapa lama, lampu lalin tersebut diperbaiki dan kini kembali menyala, dan jalur kendaraan tidak lagi diputar melalui cikapayang. Anehnya….kondisi ini justru membuat perempatan jalan tersebut menjadi macet kembali. Kendaraan dari arah Fly Over Pasupati menumpuk di perempatan, demikian pula dari arah Kebun Binatang dan jl. sulanjana, kemacetan pun kembali tidak terhindarkan. Dari jl. sulanjana menuju ke ITB bisa memakan waktu lebih dari 20 menit padahal biasanya 5 menit juga nyampe!

Pertanyaannya…apakah pemasangan lampu lalin ini sudah dikaji dengan mendalam? Perlukah pemasangan lampu lalin ini di perempatan jalan tersebut (dan perempatan jalan lain yang ruas jalannya pendek)? Menurut gw sih…siapapun yang berwenang, harap mengkaji kembali perlu tidaknya pemasangan lampu lalin tersebut, apalagi mengingat di daerah tersebut sedang dibangun pusat perbelanjaan yang tentunya akan menambah kemacetan dan kesemrawutan di jalan raya… Oh nooooooooooo!!!!!

Advertisements
26
Nov
08

Belajar membaca

Keponakanku yang udah mulai sekolah TK 0 kecil, deryan namanya, udah banyak belajar di sekolahnya. Salah satunya belajar mengenal huruf, mengeja dan membaca. Lebaran kemaren ini keluarga besar ngumpul semua di kediaman aki-enin di Wates, Subang. Seru banget karena biasnya suka ga sempet kumpul semua karena ada yang udah mo balik lagi ke Bandung atau ada yang belon dateng. Tapi kebetulan kemaren ini semua anak, cucu, cicit kumpul semua. Seneng deh terutama karena ini Lebaran pertamaku setelah nikah. Pokonya seruuuu…

Berhubung kalo lg lebaran pada males cuci gelas buat tamu2 yang banyak dateng, jadi kita nyediain air minuman dalam kemasan (AMDK) gelas biar praktis. Kebetulan AMDK yg kita beli yang ada aja di warung, jadi ga bermerek terkenal. Balik lagi ke kelakuan sang keponakanku… Saat itu dia lagi minum dari AMDK, trus tante2nya pengen ngetes kemampuan membacanya. Kita test-lah deryan,

Tante: De coba dieja. Kalo ini huruf apa?

Deryan: A

Tante: Kalo ini?

Deryan: R

Tante: Kalo ini?

Deryan: I

Tante: Kalo ini?

Deryan: O

Tante: Kalo ini?

Deryan: N

Tante : Dibaca apa?

Deryan: AQUA!!! (dengan lantangnya)

Tante: ???? (bengong lalu tertawa terbahak2)

13
Aug
08

jayalah musik indonesia!

Kalopun memang itu yang sedang terjadi belakangan ini dengan makin maraknya kemunculan band-band dalam negeri, gw bersyukur akan hal itu berarti musik Indonesia kembali digandrungi & berjaya di dalam negeri (halaaaahhh…bahasana…). Kan cinta produk dalam negeri….!! Tapi bukan berarti kita jadi antipati juga sama musik asing bukan? Akhir2 ini gw sering memperhatikan tontonan di televisi, banyak band baru yang muncul, genre musik-nya kebanyakan pop, tapi ko banyak yang aga ke-melayu2an gitu ya.. Kadang getek (bahasa Sunda: geli) ngedengernya, tapi makin kita sebel, malah makin nempel di kepala sampe2 kalo lg diem pun, soundtrack di dalem kepala ya lagu yang disebelin itu!!! (lama2 jadi apal deeeh…).

Bukannya gw ga bersyukur dengan majunya musik Indonesia. Seneng juga jadi banyak perbendaharaan lagu dalam negeri, jadi banyak acara2 on air maupun off air band2 tanah air, jadi banyak acara musik yang menayangkan video klip grup band yang baru bermunculan… Banyak juga sih band Indo yang bawain lagu dengan lirik berbahasa inggris, yang campur2 juga ada ingg-indo. Tapiiii ko lama2 bosen juga ya…hampir di seluruh stasiun televisi swasta nasional punya acara top 10 lagu indonesia, lagu yang diputer itu2 juga, kemana larinya klip lagu dari artis internasional? Pengen liat video klip berbahasa inggris dengan penyanyi bule doooong!!!!

Buat orang2 yang ga punya tv kabel kaya gw jelas ini salah satu kerugian juga…lama2 gw bisa gaptek (gapmus kali yeee…gagap musik), kuper atau ndesoooo…. Salah satu televisi swasta nasional yang dulu sebagian besar acaranya menayangkan klip2 musik dalam dan luar negeri sekarang cukup memutar video klip dalam negeri aja gituuuhhh…yang terus menerus diulang2. Jadinya gatau kalo ada artis luar yang bikin album baru, tau2 mo konser di Indo tapi ga pernah tau lagu barunya yang mana, kadang keluar pertanyaan, “Emang si anu bikin album baru ya?” Emang kadang gw juga dengerin radio dan tau ada lagu baru yang muncul tapi kan teuteup ga tau visualisasinya seperti apa. Apa sekarang memang ada peraturan baru di dunia pertelevisian negara kita yang melarang penayangan video musik artis internasional? Tolong perhatikan nasib kami2 yang tidak terjangkau tv kabel ini uhuk uhuk uhuk huaaaaa…

11
Aug
08

potong rambut juga!!!!

Akhirnya setelah lama menimbang2…hr jumat kemaren gw jadi juga potong rambut. Hari Jumat gw ga masuk kantor, gara2 sakit punggung gw kambuh lagi, kenapa ya bangun tidur suka tiba2 sakit punggung, kaya keseleo gitu deh. Kalo kata tukang urut sih angin duduk (waaah…gapapa gitu yaaa…?). Berhubung ada berkas2 yg harus dilengkapin, walopun lg sakit gw bela2in ke kantor lama gw dulu…tapi nyampe sana gw mendapat perlakuan yg kurang menyenangkan… Yasud deh…males juga ngomonginnya.

Sorenya janjian ma mas Ryan , sang capster langganan di salah satu salon di Jl. Emong (tau lah ya…salon dimaksud…hehehe…). Setelah dikeramas dan disisirin (dengan susah payah tentunya…ingat…rambut gw yg kusut ituh!!!) trus gw liatin model rambut yg dimaksud dan dipotonglah rambut panjangku ini…jadi pendek!!! Sekalian aja gw minta diblow yg ok, buat ke kawinan Nuri, anaknya pak Hadiyat, boss gw di kantor, Jumat malemnya. Nyampe rumah kos, sempet ga dikenalin ibu kos, disangkanya gw tamu gitu, “Kirain anak gadis dari mana…” gitu katanya…wakakakaka. tapi sayangnya ga gw foto jadi blon bisa ngebandingin “before and after”-nya…

04
Aug
08

Pameran buku

Kemaren ke pameran buku di Landmark, Jl. Braga. Sebenernya pamerannya udah mulai dari tgl 1 Agustus, dan pengen mabur ke sana…tapi ga sempet mulu euy! Abisnya wiken pasti aja ada acara kawinan. Untunglah hari Minggu kemaren ada waktu kosong sedikit dan kebetulan Nurul minta ketemuan di sana juga. Akhirnya kesampean deeeh…walopun jalan2nya sendirian berhubung mas-ku harus ngambil konci mobil ke lembang. Alhasil…pulang dengan membawa 3 bh novel, 3 bh buku ttg rumah tangga, 1 bh buku ttg Muhammad S.A.W, 1 bh lagi buat mas OQ buku 100 tokoh yg mewarnai Jkt-nya Beni & Mice… Kenapa ya ga bisa hemat kalo liat buku diskon…?!

01
Aug
08

rambutkuuu…rambutmuuu…

Sebenernya dah lama pengen potong rambut…selaen emang si rambut udah panjang, trus rambut ikal gw ini kusut-kusut kalo disisir juga makin kering nih…Apalagi semenjak si adiez bereksperimen mewarnai rambut gw bak penata rambut kenamaan dan setelah itu malah jadi keterusan ngecet rambut ke salon, makin ga karuan nih! kering plus pecah-pecah alias bercabang. Salah gw juga sih, emang pemalesan ngurusnya…jarang creambath…apalagi hair spa hihihihi. Tentunya membuat mahkota wanita ini semakin tak terurus. Tapi ga separah itu koooo…kalo conditioner khusus rambut diwarnai dan segala macem vitaminnya sih masih gw jabanin. Pengen dipotong pendek…tapi belon nemu yg pas. Masalahnya rambut gw ini ikal…kalo panjang emang keliatan lumayan bagus (tadinya mo bilang “emang bagus”…tapi tampak ga pede hihihihi) kalo abis dari salon sih serasa paling ok sedunia wakakaka (tapi sayang ke salonnya jarang).

Niatnya pengen potong bareng si mamah tapi pas terakhir pulang ke rumah, mo ngajakin nyalon bareng…eh…tak disangka tak dinyana tak diduga (naon siiihhh…), beliau dah potong rambut duluan bareng ade gw, adiez. Jadi ajah males lagi… Tapinya lagi…sebenernya masih aga ragu juga, bagus ga ya kalo dipotong pendek?! Kalo pendek takutnya aneh..kadang ikalnya suka keluar2 ga beraturan.Bingung juga modelnya gimana, masalahnya dah lama banget ga potong rambut pendek, terakhir dipendekin waktu mo mulai penelitian buat skripsi dulu…pas mo mulai penelitian tesis, niatnya juga mo dipotong, nyampe di salon…capster langganan gw ga mau motong pendek rambut gw..sayang katanya. Pliiizzz deeeeh yg punya rambut siapa…yg pengen dipotong siapa…yg protes siapa… walopun akhirnya malah ngikutin saran si mas, ga jadi dipotong pendek, cuma dipotong dikit aja rapiin doang. Sekarang udah setaon lebih dari kejadian itu…semoga dia mau motong rambut gw hehehehe…

02
Jun
08

moody…

tak…tuk…tak…tuk…tak…tuk…

Betapa gw ini moody sekali…bikin blog mood bikinnya doang…ngisinya ko malah ga mood hehehehe. Padahal perasaan sih banyak banget yg mo diceritain tapi setelah dibuka blognya…ko cerita yg dah ada di kepala malah berhamburan ke luar, yg membuat jadi ga mood lagi untuk nulis…

hoahhhhmmmm…ngantuk…pengen pulang…tapi ujan…hiks hiks hiks…




episode hidup

September 2017
M T W T F S S
« Dec    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930